RTRW KABUPATEN/KOTA PROV. JAWA BARAT DITARGETKAN SELESAI 2011

www.pu.go.id


Tahun 2011, target Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten/kota di Jawa Barat  selesai disusun. RTRW tersebut bukan hanya dilihat dari kuantitas tetapi kualitas. Penataan Ruang harus bisa menjadi pegangan untuk nantinya dijadikan acuan pembangunan ke depan. Demikian diungkapkan Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Denny Juanda dalam Pendampingan Kegiatan Percepatan Penyusunan RTRW Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Bandung (11-12/1).

Menurut Denny, perencanaan yang berkualitas haruslah beyond expectationatau melebihi kebutuhan yang diharapkan. Hal ini dimaksudkan untuk mematahkan paradigma perencanaan di masa lalu yang dikatakan berkualitas apabila sesuai dengan kebutuhan masyarakat.  Padahal, dalam konteks tata ruang tidak hanya cukup dengan kepuasan dari masyarakat, namun harus mampu mengintegrasikan berbagai kepentingan.

Untuk mendukung perwujudan penataan ruang yang berkualitas maka perlu dibuatkan panduan dari pusat perihal badan pelayanan satu pintu di daerah. Dengan maksud sebelum mengeluarkan izin hendaknya mengkonfirmasikan terlebih dahulu dengan instansi yang berwenang, sehingga izin tersebut memang tidak asal saja dikeluarkan, namun sudah mendapatkan klarifikasi.

Terkait dengan kendala yang dihadapi dalam penyusunan RTRW terbagi atas kendala teknis dan non teknis. Kendala teknis berupa tidak tuntasnya komunikasi antar instansi di daerah dalam merumuskan kebijakan. Sedangkan, kendala non teknis yaitu terkait penataan ruang kapasitas SDM yang membidang penataan ruang.

“Oleh karenanya diperlukan adanya komunikasi antar berbagai pemangku kepentingan, saat perencanaan dan penyusunan hingga implementasi Perda RTRW tersebut,” ujar Denny.

Penyusunan RTRW yang diproses dengan kualitas yang sesuai peraturan dan pedoman sanagt disambut baik. Kesepakatan akan dirumuskan dalam forum BKPRN ke depan. Diharapkan pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat dapat menyelesaikan RTRW-nya sesuai waktu yang ditetapkan..

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat, perwakilan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Karawang, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Majalengka. (ssa/ibm)

 

Pusat Komunikasi Publik

120111

 

Perihal perencanamuda
Komunitas perencana muda progressif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: