Komisi V DPR RI Siap Mengawal Percepatan Penyelesaian Perda RTRW di Daerah

“Pada tahun 2011, kami menargetkan 287 Kabupaten dan Kota dapat menyelesaikan persetujuan substansi dari Menteri PU atas rencana tata ruang wilayahnya”, demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Penataan Ruang, Imam S. Ernawi, dalam acara Rapat Dengar Pendapat Evaluasi Pelaksanaan Undang-Undang Penataan Ruang bersama anggota Komisi V DPR RI, di Ruang Rapat KK V DPR RI, Jakarta (29/11).

Dalam rangka mewujudkan target tersebut, Ditjen Penataan Ruang akan melakukan pendampingan teknis dengan memobilisasi fasilitator ke daerah yang sedang merevisi RTRW-nya dengan tujuan untuk mempercepat penetapan perda RTRW tersebut, jelas Imam Ernawi.
Dalam kesempatan tersebut, anggota Komisi V DPR RI menyampaikan kesiapannya untuk mengawal percepatan penyelesaian perda RTRW di daerah. Mereka juga mengusulkan adanya pelibatan anggota dewan di daerah pemilihannya untuk ikut serta dalam pengawalan tersebut, tentunya agar mempercepat proses penyelesaian RTRW. Pengawalan tersebut merupakan salah satu fungsi pengawasan yang dimiliki oleh Komisi V DPR RI.

Di samping itu, Komisi V DPR RI juga sangat menyadari bahwa penataan ruang adalah aspek yang fundamental untuk kelangsungan hidup sebuah wilayah, karena akan menjadi acuan bagi sektor-sektor lain dalam menyelenggarakan kegiatannya. Oleh karena itu, percepatan penyelesaian Perda RTRW bukan untuk kepentingan satu sektor tetapi untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain percepatan penyelesaian perda RTRW, Komisi V DPR RI juga meminta agar Ditjen Penataan Ruang melakukan upaya-upaya percepatan penyelesaian Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Presiden (Perpres), dan Peraturan Menteri (Permen) yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 26/2007 tentang Penataan Ruang. Hal ini mengingat UUPR sudah efektif berlaku sejak 3 tahun yang lalu, yaitu sejak tahun 2007.

Selanjutnya, Komisi V DPR RI akan mengagendakan Rapat Kerja Gabungan dengan Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) untuk membahas permasalahan penataan ruang secara mendalam, terutama terkait target percepatan penyelesaian perda RTRW provinsi, kabupaten, dan kota pada tahun 2011. (Al)

Perihal perencanamuda
Komunitas perencana muda progressif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: