KONGRES NASIONAL IX IAP TAHUN 2010 : Konsensus Bersama Membangun IAP

Dalam 10 tahun terakhir, dunia penataan ruang mengalami berbagai perubahan yang secara signifikan telah merubah wajah pembangunan Indonesia. Berbagai perubahan tersebut diantaranya; desentralisasi yang memberikan peran besar bagi Pemerintah Daerah dalam mengelola pembangunan, demokratisasi yang menuntut peran lebih besar dari masyarakat dalam penataan ruang, urbanisasi yang demikian pesat sehingga menuntut pengelolaan perkotaan yang sustainable, gelombang globalisasi (termasuk pada dunia profesi perencana ) dan lain sebagainya.

IAP menghadapi tantangan masa depan yang baru di paruh kedua abad 21 yang sangat berbeda dengan pelaksanaan organisasi IAP di tahun 80an, 90an dan 2000 awal. Tantangan tersebut menuntut pengelolaan dan implementasi organisasi yang lebih modern, kreatif, inovatif dan terbuka.

Untuk menjawab tantangan tersebut, maka pada tanggal 21 Oktober 2010 bertempat di Hotel JW Marriot, Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) telah melaksanakan Kongres Nasional IX IAP Tahun 2010. Kongres kali ini mengangkat tema ”Meningkatkan Peran dan Kualitas Praktik Profesi Perencana dalam Menghadapi Tantangan Global”. Tema ini diangkat dengan latar belakang begitu banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Para Perencana di masa mendatang, baik untuk skala global ataupun internasional.

Adapun agenda dari Kongres Nasional IAP 2010 adalah
1. Laporan pertanggungjawaban Pengurus Nasional IAP, Badan Sertifikasi Perencanaan dan Majelis Kode Etik Periode 2007-2010
2. Pengesahan Renstra IAP 2010-2013
3. Pengukuhan 4 (empat) pengurus Provinsi IAP yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.
4. Penyusunan Rekomendasi penyempurnaan kelembagaan IAP
5. Pemilihan Ketua dan Sekjen IAP, Ketua BSP, ketua MKE

Kongres Nasional IAP dihadiri oleh 22 Pengurus Provinsi yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Riau, Jambi, Lampung, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Beberapa rekomendasi strategis Kongres Nasional IX IAP tahun 2010 adalah
1. Pembentukan Panitia Kerja untuk pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Perencana –IAP
2. Pembentukan Panitia Kerja untuk penyempurnaan AD/ART dan Kode Etik Perencana
3. Kongres memberikan mandat bagi Pengurus IAP 2010-2013 untuk a) menguatkan kelembagaan IAP; b) IAP mampu berperan aktif dalam pembentukan perencana-perencana yang handal melalui kegiatan peningkatan kapasitas; c) IAP harus mampu memberikan kontribusi riil terhadap masyarakat dalam hal penyelesaian-penyelesaian persoalan terkait dengan profesi perencana tata ruang (seperti: percepatan RTRW, mitigasi bencana, dll)

Salah satu agenda strategis yang menarik perhatian adalah agenda pemilihan kepemimpinan tiga lembaga dalam IAP untuk periode 2010-2013 yaitu Pengurus Nasional, Badan Sertifikasi Perencanaan dan Majelis Kode Etik.
Didalam proses pemilihan untuk Pengurus Nasional calon yang diusulkan oleh Pengurus Provinsi adalah Iman Soedradjat, Johny Patta dan Bernardus Djonoputro. Untuk Badan Sertifikasi perencana, Pengurus Provinsi mengusulkan Abdul Alim Salam, Holi Bina Wijaya dan Bambang Tata Samiadji. Sedangkan untuk MKE, Pengurus Provinsi mencalonkan Jimmy Michael, Boy Kombaitan dan Bambang SP.

Pemilihan kepemimpinan IAP berlangsung dalam suasana yang kondusif dan demokratis. Secara aklamasi terpilih Iman Soedradjat sebagai Ketua Umum IAP, Abdul Alim Salam sebagai Ketua Badan Sertifikasi Perencana (BSP) dan Boy Kombaitan sebagai Majelis Kode Etik untuk periode 2010-2013.

Kongres Nasional IX IAP Tahun 2010 memberikan harapan yang besar bagi para anggota IAP. Kongres ini akan milestone bagi kemajuan IAP di masa mendatang. Kontribusi riil IAP diharapkan dapat lebih besar diberikan kepada masyarakat, Bangsa dan Negara sesuai dengan fungsinya sebagai lembaga profesi ahli perencanaan. Tentunya kepemimpinan 2010-2013 membutuhkan kerjasama dan bantuan dari seluruh stakeholder untuk dapat berbicara di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Perihal perencanamuda
Komunitas perencana muda progressif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: