Negara Kucurkan Rp10 Miliar untuk Hutan Kota

Sumber : Media Indonesia

JAKARTA–MI: Kementerian Kehutanan (Kemenhut) tahun ini memperoleh dana pembangunan hutan kota dari APBNP 2010 sebesar Rp10 miliar.

Dirjen Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial (RLPS) Kemenhut Indriastuti usai penyerahan penghargaan Wana Lestari dari Kemenhut kepada PT Pengembangan Jaya Ancol di Jakarta, Sabtu (22/5), mengakui anggaran untuk hutan kota baru dialokasikan tahun ini karena banyak usulan dari daerah untuk mengembangkan hutan kota.

“Baru tahun ini dianggarkan melalui APBN-P sebesar Rp10 miliar untuk 2.000 hektare di seluruh Indonesia. Kami belum tahu mencakup berapa kota dan wilayah. Namun dari proposal yang masuk, usulan untuk hutan kota mencapai 1.000 hektare. Kalau 1 kota mengusulkan luasan hutan kota berkisar 4-5 hektare, berarti kira-kira ada sekitar 200 kabupaten/kota,” katanya.

Menurut dia, pemerintah pusat akan mengucurkan seluruh dana yang dibutuhkan daerah dalam pembangunan hutan kota. Pengucuran dana tunai ini untuk memberikan keleluasan kepada daerah dalam pengembangan hutan kota, meski Kemenhut akan mengawasi penggunaan dana itu. “Meski demikian, kita memiliki acuan rincian besaran dana yang dibutuhkan untuk setiap jenis dalam pembangunan hutan kota.”

Yang pasti, kata Indri, kucuran baru akan dilakukan setelah ada kepastian lahan yang diperuntukkan bagi hutan kota. Paling tidak ada peraturan daerah yang menunjuk kawasan yang diusulkan sebagai hutan kota.

“Soal pengembangan hutan kota, termasuk luasannya, kami mengacu pada PP Hutan Kota dan peraturan daerah terkait. Kalau mengacu PP Hutan Kota, luasan wilayah 0,25 hektare sudah bisa disebut 1 (satu) hamparan hutan kota,” kata Indri.

Usai menyerahkan penghargaan Wana Lestari kepada Dirut PT Pengembangan Jaya Ancol Budi KaryaSumadi, Menhut Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya pengalokasian hutan kota sebagai paru-paru kota. Apalagi, di kota padat seperti Jakarta. Hal itu, kata dia, diwujudkan dengan perubahan lokasi lapangan golf di areal rekreasi Ancol menjadi Ruang Terbuka Hijau.

“Selama ini, kita mengambil oksigen gratis. Sudah sepantasnya kita membayar dengan menyiapkan lahan, sekaligus menanam pohon di areal kosong, sehingga berfungsi lebih banyak untuk manusia. Misalnya, perubahan fungsi lapangan golf ini menjadi ruang terbuka hijau memberikan manfaat lebih kepada banyak orang ketimbang kepada segelintir orang,” kata Menhut.

Dia menjelaskan penanaman pohon di areal terbuka eks lapangan golf yang diberi nama Ancol Eco Park ini secara langsung membantu pemerintah melaksanakan penanaman 1 miliar pohon yang dipastikan bisa mengurangi dampak perubahan iklim. Pembangunan hutan kota sendiri diatur dalam peraturan pemerintah 63/2002 tentang Hutan Kota. Prosentase hutan kota, kata Menhut, paling sedikit 10 persen dari luas wilayah perkotaan atau disesuaikan dengan kondisi setempat.

Hutan kota harus merupakan bagian dari RTRWP dan memenuhi persyaratan teknis, ekologis, ekonomis, dan sosial budaya setempat. “Fungsi hutan kota sendiri bisa memperbaiki dan menjaga iklim mikro, nilai estetika, resapan air, dan menciptakan keserasian lingkungan. Memang saya kehilangan lapangan golf karena saya suka main disini, tapi saya lebih bangga lapangan golf ini menjadi ruang terbuka hijau dan bagian dari hutan kota di kawasan rekreasi,” kata Menhut.

Terkait penanaman 1 miliar pohon, Menhut optimistis bisa terealisasi akhir tahun ini. “Kalau tahun ini kami mengupayakan 1 miliar pohon, maka tahun depan bisa 1,6 miliar. Semuanya untuk membantu mengurangi dampak perubahan iklim sekaligius memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat sekitar hutan,” katanya.

Untuk 1 miliar pohon, kata Menhut, ditargetkan pada Agustus sudah bisa direalisasikan separuhnya yakni lebih dari 500 juta batang pohon. “Saya lihat partisipasi aktif BUMN, BUMD, swasta, dan elemen masyarakat hingga hari ini. Saya optimistis 1 miliar pohon bisa terealisasi dan akan kita lanjutkan dengan penanaman 1,6 miliar pohon,” kata Menhut. (*/OL-04)

Perihal perencanamuda
Komunitas perencana muda progressif

One Response to Negara Kucurkan Rp10 Miliar untuk Hutan Kota

  1. wen mengatakan:

    Mari kita dukung kota yang lebih hijau. Go Green

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: