Value Offering Penataan Ruang

Perencanaan perlu dilakukan untuk mempertemukan perbedaan antara keterbatasan sumber daya yang tersedia dengan kebutuhan yang diinginkan. Selain itu, perencanaan disusun sebagai upaya untuk meminimalisasi keterbatasan melalui penentuan langkah-langkah alternatif yang mengakomodir aspirasi semua stakeholder. Sesditjen Penataan Ruang Ruchyat Deni Djakapermana menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Regional Development and Leadership di Banjarmasin (5/5).

Deni menambahkan, perencanaan merupakan hasil proses analisa dan prediksi tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa depan, serta sebagai alat untuk mengembangkan wilayah pada ruang yang sudah terbatas dalam bentuk Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). RTRW diharapkan dapat digunakan sebagai pendorong pengembangan wilayah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta menjaga kelestarian lingkungan yang berkesinambungan.

RTRW yang berisi arahan kebijakan dan strategi dalam pemanfaatan ruang merupakan landasan keterpaduan, keterkaitan dan keseimbangan perkembangan antar wilayah serta keserasian antar sektor, merupakan alat dari pelaksanaan pembangunan. Deni lebih jauh lagi menjelaskan RTRW juga mengakomodasi acuan pengembangan wilayah provinsi dan arahan investasi yang akan dilaksanakan Pemerintah dan/atau masyarakat, serta swasta. “Sebagai salah satu contoh dari value offering, pada RTRWN terdapat 112 kawasan Andalan darat dan 44 kawasan andalan laut sebagai arahan lokasi investasi, papar Deni.

Kedepannya masih diperlukan peningkatan kualitas penyusunan hingga implementasi Rencana Penataan Ruang, koordinasi antar lembaga penyelenggara penataan ruang baik di tingkat daerah hingga ke tingkat pusat, penyelesaian peta dasar beserta sistem informasi data spasial serta peningkatan sosialisasi dan informasi peraturan perundangan bidang penataan ruang agar stakeholder dapat merasakan value offering dari Penataan Ruang, tegas Deni. (HER)

sumber: http://www.penataanruang.net

Perihal perencanamuda
Komunitas perencana muda progressif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: