Kabupaten dan Kota Wajib Memiliki RTRW

Sumber: http://www.penataanruang.net

Setiap daerah harus memiliki Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sekaligus Perda-nya. Hal ini seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 26/2007 tentang Penataan Ruang (UUPR) bahwa dua tahun setelah April 2007, Provinsi harus sudah menetapkan Perda RTRWP serta tiga tahun setelah bulan tersebut kabupaten/Kota harus menetapkan Perda-nya. UUPR sendiri juga telah mengatur kewenangan provinsi, kabupaten/kota dalam penataan ruang seperti yang tertuang pada Bab IV. Demikian disampaikan Direktur Penataan Ruang Wilayah IV Kementerian Pekerjaan Umum Lina Marlia dalam Sosialisasi UUPR dan Norma-Standar-Pedoman-Kriteria (NSPK) Penataan Ruang Bagi Peningkatan SDM Provinsi Maluku di Ambon (5/5).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Maluku ini bertujuan untuk menjadikan seluruh pembangunan di Provinsi Maluku berbasis penataan ruang, yang dalam hal ini tertuang di RTRW.

Lina menambahkan, pengawasan terhadap kegiatan pemanfaatan ruang termasuk sanksi juga telah diatur dalam UUPR khususnya Pasal 55. Sebagai contoh, saat ini Perbankan tidak akan memberikan kredit bagi investor yang izinnya tidak sesuai dengan penataan ruang.


Umumnya Raperda RTRW terhambat di pusat dikarenakan masalah hutan maupun batas wilayah yang menjadi kewenangan Kementerian Kehutanan dan Kementerian Dalam Negeri. Sebagai upaya untuk mengatasi hal tersebut, walaupun sebagian besar wilayah timur Indonesia berupa daerah konservasi tidak menjadi halangan untuk maju. “Mengacu pada prinsip “Majulah dari hutan” hendaknya dapat dijadikan motivasi sekaligus kebanggaan wilayah timur Indonesia karena merupakan cerminan pembangunan yang berkelanjutan,” tegas Lina.

Saat ini, progress penyusunan Perda RTRW sekaligus Perda Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku adalah yang terbaik diantara provinsi lain di wilayah timur Indonesia. Diharapkan, akhir tahun 2010 ini semua kabupaten/kota di Provinsi Maluku sudah menyelesaikan RTRW-nya sekaligus menjadikan sebagai Perda, tandas Lina. (pd/ibm)

Perihal perencanamuda
Komunitas perencana muda progressif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: