Call for Papers-PERENCANAAN DALAM ERA DEMOKRASI DAN OTONOMI DAERAH

Call for Papers

SEMINAR NASIONAL

PERENCANAAN DALAM ERA DEMOKRASI DAN OTONOMI DAERAH

(Dalam Rangka Peringatan 50 Tahun Pendidikan Planologi di Indonesia)

Latar Belakang

Pasca Orde baru, Indonesia mengalami dekonstruksi dan rekonstruksi sistem bernegara secara mendasar.  Sistem berubah secara ekstrim dari autoritarian-sentralistis ke demokrasi liberal-desentralistis.  Perubahan sistem diperkirakan masih akan terus berlangsung melalui berbagai produk perundangan.  Dapat dikatakan bahwa Indonesia adalah negara dalam proses pembentukan.  Dalam situasi semacam itu, perencanaan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan konteks politik yang terus berubah agar dapat memberikan kontribusi substansial dalam pembangunan.

Adaptasi yang dimaksud mencakup aspek teori, metoda dan praktek perencanaan.  Dalam realita komunikatif sebagai produk demokrasi dan otonomi daerah, perencana dituntut untuk mampu mendudukkan pendekatan perencanaan rasional secara persuasif.  Hal ini tidak selalu mudah dilakukan, terutama untuk perencanaan jangka menengah dan jangka pendek yang beorientasi tindak.  Kesulitan muncul karena kurangnya pemahaman atau bekal perencana dalam menghadapi realita semacam itu.  Selain itu, pragmatisme stakeholders yang tidak selalu sejalan dengan ideal pendekatan rasional seringkali menambah rumitnya situasi.  Kuatnya politik lokal sering menyebabkan perencana untuk bertindak pragmatis, sehingga menyimpang jauh dari prinsip-prinsip akademik-rasional.  Dampak negatif yang kemudian muncul tidak jarang lalu ditudingkan sebagai kesalahan perencanaan.  Sebagian perencana mungkin mengambil jalan aman dengan membatasi peran sebagai teknisi penyedia informasi bagi pengambilan keputusan publik atau perumusan kebijakan.

Dengan latarbelakang tersebut, kalangan akademisi (dosen, peneliti dan mahasiswa), pemerhati, praktisi maupun pihak-pihak lain yang terkait diundang untuk hadir membahas pertanyaan utama sebagai berikut:

  • Bagaimana perencana dan perencanaan menyikapi perubahan konteks politik dikaitkan dengan demokratisasi dan otonomi daerah di Indonesia?  Peran apa yang dapat dibawakan oleh perencana agar mampu terus berkontribusi secara nyata?
  • Penyesuaian apa yang dibutuhkan dari segi teori, metoda dan praktek perencanaan untuk mempertemukan ideal perencanaan rasional dengan realita komunikatif?
  • Pelajaran apa yang dapat diambil dari praktek perencanaan untuk meningkatkan kontribusi perencanaan dalam konteks yang sedang dan terus akan berubah?

Waktu dan Tempat

Seminar akan diselenggarakan pada hari hari Sabtu, 14 November 2009 di Kampus ITB, Jalan Ganesa 10, Bandung jam 9-16 WIB.

Penulisan Abstrak dan Makalah

Seminar memberi kesempatan kepada akademisi, pemerhati, praktisi maupun pihak-pihak lain yang terkait untuk menyampaikan makalah, gagasan maupun bertukar pikiran tentang aspek-aspek teoritis maupun praktis sesuai dengan uraian pada bagian latar belakang.  Makalah yang dipresentasikan akan diterbitkan dalam prosiding seminar.

Penulis makalah diharapkan menyampaikan abstrak (sekitar 300 kata) paling lambat tanggal 28 Agustus 2009.  Penulis abstrak akan dihubungi pada tanggal 11 September 2009. Makalah lengkap diserahkan paling lambat tanggal 16 Oktober 2009.  Abstrak maupun makalah disampaikan melalui:

seminarplano@gmail.com

Biaya Partisipasi

Peserta dikenakan biaya sebesar Rp 100.000,- yang akan dikembalikan dalam bentuk kit seminar, sertifikat dan konsumsi.

Kontak

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui alamat imil di atas atau:

Karina – 081355203933

Melisa -08562022029

Perihal perencanamuda
Komunitas perencana muda progressif

One Response to Call for Papers-PERENCANAAN DALAM ERA DEMOKRASI DAN OTONOMI DAERAH

  1. wahyudin mengatakan:

    sayang sekali hari tersebut saya jg sdg ikut pelatiahn. semoga masih ada lain waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: