MENTERI PU MINTA GUBERNUR PERIKSA DRAFT RTRW KABUPATEN/KOTA

SUMBER : WWW.PU.GO.ID

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meminta kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk memeriksa dengan baik setiap rekomendasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten/Kota yang masuk di Pemprov Jabar. Pemeriksaan tersebut ditujukan agar RTRW Kabupaten/Kota selaras dan sesuai dengan RTRW Provinsi.

Hal tersebut disampaikan Djoko Kirmanto saat bertemu Gubernur Jabar Ahmad Heryawan beserta jajarannya di Departemen PU Jakarta, Kamis (16/10) sore. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Jenderal Departemen PU Agoes Widjanarko, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hermanto Dardak, Dirjen Sumber Daya Air Iwan Nursyirwan, Dirjen Cipta Karya Budi Yuwono serta Dirjen Penataan Ruang Imam Ernawi.

”Gubernur harus periksa setiap RTRW Kabupaten/Kota yang masuk, dilihat dulu apakah sesuai dengan konsep makro tata ruang Jawa Barat atau tidak, jika tidak sesuai harus diubah dulu baru kemudian dikirimkan kepada Menteri Dalam Negeri dan saya (Menteri PU-red),” tegas Djoko Kirmanto.

Dirjen Penataan Ruang Imam Ernawi menambahkan, selama ini rekomendasi RTRW Kabupaten/Kota sering hanya ditanggapi secara prosedural oleh Pemprov. Hal tersebut menimbulkan kesan Pemprov hanya bertugas meneruskan rekomendasi RTRW Kabupaten/Kota kepada pemerintah pusat tanpa didahului proses koreksi substansial dari draft RTRW tersebut.

Dalam UU No. 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang pada pasal 18 ayat 2 menyebutkan, penetapan rancangan peraturan kabupaten/kota tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten/kota dan rencana rinci tata ruang terlebih dahulu harus mendapat persetujuan substansi dari Menteri setelah mendapatkan rekomendasi Gubernur.

Selain itu dalam UU Penataan Ruang yang baru tersebut juga disebutkan dalam pasal 25 ayat 1, penyusunan rencana tata ruang wilayah kabupaten mengacu pada rencana tata ruang wilayah nasional dan rencana tata ruang wilayah provinsi.

Imam mengungkapkan hingga saat ini di provinsi Jabar, 7 kabupaten dan 7 kota belum melakukan kaji ulang (review) RTRW-nya untuk disesuaikan dengan UU Penataan Ruang. Padahal dalam UU Penataan Ruang yang baru tersebut ditetapkan RTRW Kabupaten/Kota harus sudah dijadikan peraturan daerah (perda) pada 2010.

Hal tersebut dikarenakan tidak adanya anggaran untuk melakukan review RTRW tersebut. Jumlah kabupaten dan kota di Jabar sendiri masing-masing yaitu 17 kabupaten dan 9 kota.

Dirjen Penataan Ruang mengharapkan pemprov Jabar turut membantu mensosialisasikan UU No. 26 tahun 2007 kepada seluruh kabupaten/kota di wilayahnya. Imam juga meminta agar RTRW provinsi Jabar selesai dibuat dan disahkan pada tahun depan.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Jabar tersebut, Imam juga mengatakan sebagai pelaksanaan amanat UU No 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah dan UU Keuangan Departemen PU melalui Ditjen Penataan Ruang untuk penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan penataan ruang telah mendekonstrasikannya kepada Gubernur.

”Hal tersebut telah dilakukan mulai tahun ini melalui SKPD. Dan kedepannya kami Departemen PU akan menfasiltasi agar aspek pembinaan dan pengawasan penataan ruang yang dijalankan Gubernur tersebut dapat memiliki wewenang dan peran yang lebih besar,” ujar Dirjen Penataan Ruang. (rnd)

Perihal perencanamuda
Komunitas perencana muda progressif

One Response to MENTERI PU MINTA GUBERNUR PERIKSA DRAFT RTRW KABUPATEN/KOTA

  1. ABDURRAHMAN.T mengatakan:

    Menurut Saya Revisi RTRW No.26 Thn 2008 saat ini ditingkat Pelaksana Daerah Lingkup Kota dan Kabupaten belum benar-benar merealisasikan kebijakan tersebut. hal ini diakibatkan oleh permasalahan belum rampungnya RTRW ditingkat Propinsi sebagai dasar Acuan RTRW Kabupaten. untuk Studi Kasus diwilayah kami Khususnya Daerah Kabupaten Parigi Moutong Untuk RTRW sendiri sudah kurang lebih 75% rampung. dengan adanya kebijakan Revisi RTRW yang baru bahwa Daerah Tkt.II harus mengacu pada RTRW Propinsi. sehingga permasalahan yang ada adalah keterlambatan dalam perampungan RTRW Propinsi berdampak pada tidak tuntasnya Penyelesaian RTRW ditingkat Kabupaten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: