PROFIL ORGANISASI IKATAN ALUMNI PLANOLOGI ITB PERIODE 2008-2013

PROFIL ORGANISASI IKATAN ALUMNI PLANOLOGI ITB PERIODE 2008-2013

ISU UTAMA, POSITIONING, KERANGKA TINDAKAN STRATEGIS, DAN ORGANISASI

Organisasi Ikatan Alumni Planologi ITB (API) periode 2008-2013 diharapkan memiliki peran dan manfaat bagi publik luas yang merupakan arena berkiprah para alumni, ITB yang merupakan rumah bersama dan tempat lahir para alumni, dan individu setiap alumni itu sendiri. Bentuk peran dan manfaat tersebut berbeda-beda pada setiap periode kepengurusan karena isu yang dihadapi pada setiap periode juga berbeda-beda. Untuk dapat memberikan bentuk peran dan manfaat yang sesuai dengan harapan publik, kampus, dan alumni, maka API dituntut untuk mampu mengenali isu utama yang berlaku umum pada periode tersebut. Dalam konteks ini, Pengurus API 2008-2013 telah memiliki rumusan isu yang kemudian diikuti dengan positioning, kerangka tindakan strategis, serta pengorganisasian untuk menjalankan berbagai upaya merespon isu.

Krisis Perencanaan Publik

Indonesia selang beberapa tahun terakhir ini berada dalam krisis multidimensi dan dikhawatirkan menuju kepada krisis yang lebih buruk lagi. Namun sayang sekali, analisis terhadap krisis ini jarang dilihat dari pandangan bahwa krisis merupakan akibat dari krisis dalam perencanaan publik. Dalam pandangan ini, krisis bermula ketika perencanaan publik tidak lagi diperlakukan sebagai proses membuat kesepakatan kolektif tetapi malah menjadi alat segmen publik tertentu untuk memenuhi kepentingannya semata.

Tidak dapat dihindari lagi, krisis perencanaan publik telah menghadirkan krisis lain secara simultan. Yaitu krisis identitas para Planner, kampus atau sekolah perencanaan yang tidak mampu menghasilkan para Planner berprestasi, dan akhirnya krisis orientasi profesional di kalangan para alumni Planologi ITB.

API sebagai Saluran Aspirasi Publik Luas

API yang merupakan bagian dari publik luas, bermaksud untuk berkontribusi dalam upaya perbaikan krisis perencanaan publik, revitalisasi peran Planner, sekolah perencanaan, dan pemantapan orientasi para alumni. Untuk menjalankan maksud tersebut API memposisikan diri sebagai saluran aspirasi publik luas. Dalam hal ini, API akan mengangkat persoalan-persoalan yang dirasakan masyarakat sebagai akibat dari krisis perencanaan publik, menjadikannya sebagai wacana publik, dan menyalurkannya kepada berbagai pihak yang berwenang dan kompeten untuk menyelesaikannya, seperti kepada pemerintahan, IAP (Ikatan Ahli Perencanaan), ASPI (Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia), dan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.


Kerangka Tindakan Strategis

Untuk menjalankan peran sebagai saluran aspirasi publik, diperlukan suatu kerangka tindakan strategis yang dapat mengarahkan tindakan dan langkah-langkah API. Sebagai sebuah organisasi yang sifatnya cair, sukarela, dan pengisi waktu sisa, kerangka tindakan strategis dibuat tidak terlalu kaku dan disesuaikan dengan sifat interaksi para anggotanya yang diwadahi API.

Kegiatan Rutin

Kegiatan rutin adalah serangkaian kegiatan yang akan dilakukan sepanjang periode 2008-2013 dan atau dilakukan secara berkala.

1. Rapat bulanan pengurus API

2. Pengembangan website yang khusus membahas kondisi krisis perencanaan publik

3. Diskusi publik enam bulanan yang akan mengangkat berbagai tema seperti di bawah ini, tetapi tidak terbatas pada:

a. Etika perencanaan

b. Dimensi politik perencanaan

c. Kurikulum, silabus, dan mata kuliah perencanaan yang diperlukan di masa krisis perencanaan public

4. Training tahunan mengenai perencana aktivis (activist planner)

Kegiatan Insidental

Kegiatan insidental adalah kegiatan yang direkomendasikan oleh rapat bulanan pengurus API atau aspirasi langsung dari anggota API sebagai upaya mendinamisir organisasi API dan pelengkap dari kegiatan rutin.


Organisasi Pengurus API: Simpel dan Solid

Untuk menjalankan organisasi ini, telah terbentuk core team yang terdiri dari:

  1. Hetifah Sjaifudian
  2. Jilal Mardhani
  3. Yudi Pramudya
  4. Teti Argo
  5. Diding Sakri
  6. Elkana Catur H
  7. Dani Muttaqin
  8. Tatang Suheri
  9. Dicky Handrianto

Core-team ini diharapkan terus menambah jumlahnya sebanyak mungkin sejalan dengan komitmen para alumni untuk aktif di organisasi API.

Perihal perencanamuda
Komunitas perencana muda progressif

6 Responses to PROFIL ORGANISASI IKATAN ALUMNI PLANOLOGI ITB PERIODE 2008-2013

  1. pius mengatakan:

    Krisisnya apa ya ? Pemaparannya yang jelas dong supaya tanggapan-tanggapan yang masuk langsung bergulat di inti permasalahan……

    Eh, eksploitasi tenaga asisten perencana dalam setiap proyek (honor minim mengerjakan proyek berganda-ganda), termasuk di dalam krisis yg dimaksud di sini ga ya ?

    O ya, satu lagi dagang nama perencana (kebanyakan dosen, setahuku) untuk menggolkan sebuah tender proyek tata ruang termasuk juga ?

    Salam.

  2. PT. Graha Persada mengatakan:

    Kami butuh tenaga palner S1 1 orang untuk tambahan tenaga ahli di konsultan kami, tolong info kalau ada. Hubungi baritoprimakonsultan@yahoo.com atau telp ke 0811148898
    terima kasih

  3. nuning mengatakan:

    Kami memerlukan ahli planologi S1 untuk kegiatan kami. Jika ada informasi mohon menghubungi kami 0251-8312435

  4. firman mengatakan:

    apa seh etika perencanaanitu ??? tolong di jelaskan, saya belum ngerti neh…

  5. westi mengatakan:

    aku lagi butuh banget nih pendapat salah satu planolog untuk kelanjutan penelitian aku..biar lebih valid…ttg penataan ruang kawasan Kelapa Gading dalam pembangunan berkelanjutan… adakah yang bersedia menjadi salah satu informan aku??? konfirmasi ke 08988915681/ 99063102…
    plis bgt nih..urgent..
    akang2 dan teteh2..bantu saia…^^

  6. Rey mengatakan:

    kami butuh segera, tenaga planologi untuk konsultan tata ruang di bandung, hubungi 081 220823435

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: